Yang dimaksud dengan ilmu pendidikan Islam bukanlah ilmu pendidikan (khusus) agama Islam, melainkan ilmu pendidikan berdasarkan Islam atau menurut pandangan Islam. Tentu saja pendidikan agama di sini penting, tetapi bukan bidang satu-satunya. Bagaimanapun, menghasilkan orang yang beriman dan takwa merupakan tujuan pendidikan yang penting. Di samping itu, orang tersebut harus memiliki tubuh yang…
Selama kurun waktu lima tahun (1968–1973), Ahmad Wahib rajin dan tekun menulis catatan harian. Tema-tema yang ia tulis bervariasi, dari masalah kemahasiswaan, keilmuan, politik, kenegaraan, pemerintahan, kebangsaan, kemasyarakatan, hingga keagamaan (Islam). Catatan harian Ahmad Wahib merefleksikan pergulatan dan pergumulan pemikiran seorang pemuda yang gelisah menanggapi isu-isu yang menjadi …
Buku ini merupakan hasil studi “revisit” atas kasus inisiatif land reform lokal di desa Ngandagan, sebuah desa di Jawa Tengah, yang terjadi pada tahun 1947-1964. Diuraikan profil land reform tersebut dan coba didalami proses diferensiasi agraria yang terjadi sebagai konteks krisis agraria yang berlangsung. Pelaksanaan land reform di Ngandagan membawa dampak secara sosial-ekonomi yang cukup …
Pendekatan pembangunan inklusif yang digagas pemerintah belum berbasiskan pemahaman terhadap situasi khas dan keragaman masyarakat adat di Indonesia. Padahal, pemanfaatan sumber daya lokal dapat menjadi pilar dalam mencapai kedaulatan pangan di Indonesia. Buku ini berpendapat, model pembangunan inklusif seharusnya memperhitungkan keragaman karakteristik masyarakat lokal, khususnya jalan pang…
Sorgum memiliki jejak kultural dan sejarah panjang, tetapi belakangan keberadaannya makin terpinggirkan. Di banyak desa di Flores, misalnya, tanaman ini hanya menjadi kisah lama, padahal kebutuhan pangan di masa depan akan makin membengkak seiring dengan pertumbuhan penduduk yang meningkat, sementara lahan pertanian cenderung menyusut. Tantangan semakin berat karena terjadinya perubahan ikli…
Buku ini diharapkan memberikan tuntunan kepada guru yang akan mengajarkan agama Islam di sekolah, juga bagi orang tua di rumah yang berkewajiban menanamkan iman di hati anak-anaknya.
Alam adalah guru yang baik, yang memberikan tuntunan dalam menjalankan kehidupan, demikianlah semesta dalam pandangan orang Minangkabau. Filosofi Minangkabau bersumber dari alam. Pemikiran didasarkan pada gejala-gejala yang terjadi di semesta dan manusia berguru pada alam. Walau ilmu yang didapatkan sedikit, harus bisa dikembangkan seluas alam. Apa yang dilihat, didengar, dan dirasakan di alam …
Tidak mudah bagi seorang lelaki mendapatkan kembali tempatnya di masyarakat setelah dua belas tahun tinggal dalam pengasingan di Pulau Buru. Apalagi hati masyarakat memang pernah dilukainya. Karman, lelaki itu, juga telah kehilangan orang-orang yang dulu selalu hadir dalam jiwanya. Istrinya telah menikah dengan lelaki lain, anaknya ada yang meninggal, dan yang tersisa tidak lagi begitu mengenal…